Pilihan Belajar Online Untuk Si Kecil Agar Belajar Di Sekolah Efektif

 

Seperti diketahui, meskipun saat ini belajar tatap muka sudah 100% dilakukan namun kamu sebagai orang tua bisa memberikan tambahan belajar online untuk anak. Adapun belajar online ini cukup efektif untuk membantu anak bisa menyerap materi pelajaran yang ada di sekolah dengan bantuan materi yang diberikan lewat pembelajaran online.

Kenapa Harus Belajar Online

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memberikan anak tambahan berupa pembelajaran secara online di samping belajar di sekolah yang dilakukan dari senin sampai sabtu.

1. Melatih kemampuan diluar sekolah

Keuntungan utama ketika memilih belajar online adalah karena bisa melatih kemampuan kamu di luar sekolah, terutama bagi para siswa yang memang kesulitan untuk menyerap materi pelajaran saat di sekolah. Perlu diketahui, bahwa ketika belajar online pendekatan yang dilakukan bisa lebih sesuai pelajaran masa kini dibanding metode konservatif belajar di sekolah.

Umumnya kelas-kelas online yang dilakukan sudah menggabungkan metode formal dan informal, sehingga para siswa akan lebih mudah memahami sesuatu yang disampaikan.

2. Belajar online lebih menarik

Disebut lebih menarik karena memang pengalaman belajar online sudah melepaskan atribut pembelajaran di kelas seperti guru menggunakan spidol dan papan tulis atau siswa harus mencatat dengan pulpen. Sistem belajar online akan memberikan kamu cara belajar yang jauh lebih menarik dengan format media seperti misalnya video, audio dan juga foto.

Para siswa juga akan merasa lebih senang dan terpacu untuk belajar. Misalnya orang tua yang memiliki anak kurang tertarik saat belajar di sekolah, bisa coba berikan tambahan belajar online dengan pengalaman belajar terkini.

3. Belajar Online Hemat

Dari sisi ekonomis maka belajar online jauh lebih hemat waktu dan biaya. Karena dalam waktu beberapa jam saja murid bisa belajar berbagai materi yang diberikan dan kemungkinan materi tersebut banyak yang tidak diajarkan di sekolah.

Juga hemat biaya, karena tidak ada lagi dana tambahan seperti untuk pengadaan buku ataupun fotocopy materi. Karena sifatnya online learning dan juga semua materi hingga bank soal bisa diakses kapan saja dan berulang-ulang.

4. Bisa Istirahat

Tentu saja kegiatan belajar yang baik adalah dengan memberikan waktu istirahat yang cukup pula kepada para siswa. Belajar online tentu saja tidak akan membuat para siswa terbebani, malah anak-anak akan bisa mendapatkan waktu istirahat yang maksimal.

Jika anak punya waktu istirahat yang cukup penyerapan pelajaran di sekolah maupun saat belajar online jadi lebih mudah. Istirahat juga akan membuat anak jauh lebih fokus saat belajar.

Tips Belajar Online

Sebelum melakukan belajar online sebaiknya para siswa dibekali dengan beberapa tips terlebih dahulu.

1. Mandi Sebelum Belajar Online

Yang pertama agar anak lebih fokus dan juga lebih siap menerima pelajaran saat belajar online, maka harus mandi terlebih dahulu. Mandi tidak hanya akan membuat tubuh bersih, tapi juga segar dan rileks untuk menyerap materi pelajaran dan mengerjakan soal latihan.

2. Siapkan Ruang Belajar Versi Kamu

Persiapan ruang belajar juga menjadi salah satu hal yang penting untuk kenyamanan saat mempelajari sebuah materi. Orang tua bisa mempersiapkan ruang belajar khusus saat anak belajar online atau memanfaatkan kamar dengan ruang belajar yang nyaman.

Tentu saja ruang belajar tidak perlu besar yang penting di dalamnya lengkap dan didukung dengan koneksi internet yang baik pula.

3. Buat Jadwal Belajar Online Khusus

Meskipun sistem belajar online bisa diakses kapan saja dan di mana saja namun pastikan punya jadwal belajar. Jadwal belajar khusus ini akan membuat para siswa jauh lebih disiplin. Jadi meski belajar online jauh lebih santai dibanding belajar di sekolah, namun tetap saja harus ada aturan yang tepat untuk mencapai target pembelajaran salah satunya dengan pembuatan jadwal ini.

4. Gunakan Pomodoro

Kamu juga bisa menggunakan metode Pomodoro. Di mana teknik ini merupakan teknik pengaturan waktu yang dikenalkan oleh Francesco Cirilo di akhir tahun 1980. Dalam teknik ini adalah fokus dengan interval selang waktu, misalnya kamu mengambil waktu belajar selama 25 menit lalu diharuskan istirahat selama 5 menit dan cara ini bisa dilakukan sebanyak 5 babak.

5. Siapkan Buku Catatan

Meskipun belajar secara online kamu tidak boleh lupa yang namanya catatan. Catat semua hal yang penting bisa langsung di komputer, buku catatan ataupun lewat tablet.

Belajar Online Gratis Mudah

Saat ini belajar online bisa dilakukan secara gratis dan mudah lewat platform Pijar Belajar.

1. Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan sebuah layanan OTT Edukasi Digital  dari PT Telkom Indonesia yang memang dirancang untuk siswa agar bisa mendapatkan suplemen pembelajaran, yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Adapun platform ini memiliki visi dan misi untuk membantu pemerataan pendidikan di Indonesia dan juga mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

2. Keunggulan Pijar Belajar

Keunggulan dari platform ini adalah banyaknya pilihan paket belajar yang bisa disesuaikan dengan tingkatan sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA.

  • Materi Lengkap SD-SMP-SMA, Di sini kamu akan menemukan banyak pilihan latihan soal dan kumpulan bank soal yang mudah diakses untuk proses belajar dari berbagai jenjang pendidikan.
  • Harga Terjangkau Banget, biaya untuk beli paket belajar sangat murah. Jauh lebih mahal dibanding OTT Edukasi sejenis di Indonesia.
  • Start 10 Ribu, pilihan paket belajar dari Pijar Belajar juga harganya sangat terjangkau mulai dari 10 ribuan saja.
  • Bisa Diakses Laptop Dan Smartphone, menariknya semua materi pelajaran bisa kamu akses tidak hanya lewat laptop tapi juga smartphone.

Kamu yang ingin membantu anak belajar lebih efektif maka bisa pilih Pijar Belajar. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa download aplikasi Pijar Belajar lewat link berikut https://pijarbelajar.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *