Masih banyak model ’22 di rak

Terlepas dari semua pembicaraan tentang persediaan yang rendah, dan dealer mobil menerapkan “penyesuaian pasar” di atas MSRP, ada hampir setengah juta unit sisa kendaraan model tahun 2022 yang masih diiklankan untuk dijual di Amerika Serikat menjelang akhir pekan pertama bulan Desember. . Itu di atas kendaraan 2023 yang telah tiba di banyak dealer.

Menurut analisis S&P Global Mobility terhadap data inventaris yang diiklankan dealer AS, merek utama Ford, Chevrolet, Ram, dan Jeep memiliki sekitar 300.000 unit model 2022 yang diiklankan tersedia untuk dijual pada pekan yang berakhir pada 4 Desember. Keempat merek tersebut menyumbang 71% dari tahun 2022 inventaris yang diiklankan yang dicantumkan oleh dealer merek utama – dan 66% dari semua inventaris yang diiklankan dealer saat menyertakan merek mewah.

Di antara merek-merek mewah, Mercedes-Benz dan Lincoln masih menunjukkan sisa kendaraan 2022 paling banyak dalam inventaris yang diiklankan dealer, menurut analisis S&P Global Mobility.

Sementara sebagian besar pembuat mobil secara tradisional mengurangi produksi pada akhir musim panas untuk beralih ke tahun model baru, dan menghabiskan model lama terakhir mereka sebelum Natal, pembuat mobil tertentu sebenarnya telah melihat inventaris 2022 mereka meningkat pada bulan Oktober dan November.

“Disiplin model tahun telah surut,” kata Cheryl Woodworth, direktur asosiasi konsultan untuk S&P Global Mobility. “Dengan kekurangan chip, pengendalian inventaris tidak secermat dulu.”

Apakah menjalankan inventaris lama ke tahun model baru adalah hal yang buruk? Ini bisa untuk pembuat mobil, tapi bisa mengeja bantuan ritel untuk konsumen. Dengan model ’22 membawa stigma “lebih tua” – bahkan jika model 2023 tidak berubah – itu bisa berarti dealer diberi insentif untuk meledakkan nol mil ’22-an.

“Semakin lama Anda menunggu untuk mengubah tahun model Anda, semakin menyentuh nilai sisa Anda dalam hal penilaian yang lebih ketat,” kata Woodworth.

Beberapa dealer menawarkan diskon di bawah MSRP untuk kendaraan yang membawa stiker harga plus label Monroney hanya beberapa bulan sebelumnya. Dan dengan berkurangnya permintaan konsumen karena kekuatan ekonomi eksternal seperti inflasi dan PHK terkait resesi, tekanan untuk menggerakkan logam meningkat.

Biasanya, busur inventaris untuk setiap model tahun mengikuti kurva yang dapat diprediksi, memuncak pada musim semi saat produksi mencapai puncaknya, dan kemudian turun pada musim panas selama penjualan tahunan dan transisi model tahun pada bulan September dan Oktober. Tetapi kekacauan rantai pasokan membuat beberapa pembuat mobil tidak mungkin mengikuti tradisi.

Meskipun demikian, dengan elemen tertentu dari rantai pasokan yang masih berubah, mungkin masuk akal bagi kontinuitas manufaktur untuk terus membangun model 2022 jika perubahan kecil pada model 2023 mencakup bagian yang tidak tersedia, kata Woodworth.

Pada bulan November, Ford masih mengirimkan 2022 Escapes ke dealer dari pabriknya di Louisville, karena perubahan kecil pada model 2023 masih meningkat. Kelanjutan yang sama dari model ’22 produksi akhir berlaku untuk Ford Bronco Sport dan Lincoln Corsair, yang memiliki banyak kesamaan dengan platform Escape.

Unit 2022 yang tersisa seringkali khusus untuk model tertentu. Di pasar untuk SUV mewah? Model dengan sisa unit model tahun 2022 tertinggi adalah Mercedes-Benz GLC dan Lincoln Corsair.

Mengapa kelebihan ’22 Mercedes GLC? Ini masih menunggu penyegaran 2023 – situs web mbusa.com nasional masih belum mencantumkan 2023 sebagai tersedia pada 15 Desember – dan dengan demikian model 2022 masih banyak tersedia. Di antara merek-merek mewah, Mercedes memiliki 33% bagian dari sisa model ’22 yang masih diiklankan pada pekan yang berakhir 4 Desember, sementara Lincoln menyumbang 22% bagian dari sisa barang mewah tahun ’22.

Yang mengatakan, dealer Mercedes telah melakukan pekerjaan yang kuat untuk menjual inventaris 2022 dari pertengahan musim panas untuk mengantisipasi kedatangan model ’23. Dan model volume utama Mercedes lainnya – GLE, S-Class, dan C-Class – sebagian besar diwakili oleh produksi model 2023.

Cegukan rantai pasokan juga memengaruhi inventaris dengan cara lain. Puluhan ribu apa yang disebut “unit hantu” dari F-150 dan Chevrolet Silverado telah meluncur dari jalur perakitan tetapi kehilangan bagian-bagian penting, dan telah dikumpulkan di tempat parkir dekat pabrik masing-masing sampai mereka dapat dirilis. Di atas unit yang belum selesai itu, dealer Ford memiliki F-150 yang diiklankan hampir sama banyaknya pada minggu yang berakhir 4 Desember seperti yang mereka lakukan pada bulan Agustus di bulan September. Ketika unit hantu akhirnya menerima suku cadang yang dibutuhkan dan memasuki inventaris grosir – Ford berharap hal itu akan terjadi pada akhir Desember – yang akan menambah tekanan untuk menghapus model ’22 di tingkat dealer.

Gabungan peristiwa black-swan COVID, kekurangan semikonduktor, dan invasi Rusia ke Ukraina mengganggu norma manufaktur dan pasokan tradisional – dampak hilir terbaru adalah kelebihan produksi dan inventaris model tahun sebelumnya. Bagaimana industri dapat pulih ke ritme regulernya bergantung pada kemampuan beradaptasinya terhadap gangguan yang berkelanjutan ini.



Artikel ini diterbitkan oleh S&P Global Mobility dan bukan oleh S&P Global Ratings, yang merupakan divisi S&P Global yang dikelola secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *