Mobilitas Global S&P: Penjualan mobil November melanjutkan tren tiga bulan sebelumnya

Hambatan ekonomi yang sedang berlangsung berarti tidak ada berita yang bisa menjadi kabar baik mengenai tingkat permintaan mobil

Dengan volume untuk bulan yang diproyeksikan sebesar 1,122 juta unit, penjualan mobil AS November diperkirakan akan menghasilkan perkiraan kecepatan penjualan sebesar 14,1 juta unit (tarif tahunan yang disesuaikan secara musiman: SAAR). Ini akan mewakili peningkatan berkelanjutan dari periode Mei hingga September tetapi akan mencerminkan penurunan dari kecepatan 14,9 juta unit di bulan Oktober, menurut analisis S&P Global Mobility.

Metrik tingkat penjualan harian di bulan November (sekitar 44-45 ribu per hari) akan sejalan dengan level sejak September. Terjemahan: Dari sudut pandang volume yang tidak disesuaikan secara musiman, penjualan mobil terus meningkat dengan kecepatan tetap.

“Penjualan harus terus meningkat, mengingat kemajuan yang diharapkan, namun ringan, dalam produksi keseluruhan dan tingkat inventaris,” kata Chris Hopson, analis utama di S&P Global Mobility. “Namun, kami juga terus memantau sinyal pertumbuhan inventaris yang lebih cepat dari perkiraan. Saat ini, tidak ada tanda-tanda yang jelas; inventaris telah meningkat seperti yang diantisipasi. Namun indikasi pertumbuhan yang lebih cepat dari proyeksi keseluruhan stok kendaraan baru dapat berarti bahwa konsumen otomotif merasakan tekanan dari hambatan ekonomi saat ini dan mundur dari pasar.”

Akibatnya, dorongan SAAR Oktober kemungkinan akan menjadi anomali dibandingkan dengan sisa tahun ini, kata Hopson, menambahkan bahwa ada ekspektasi volatilitas dalam hasil bulanan yang dimulai pada awal 2023.

Pangsa pasar kendaraan baterai-listrik diperkirakan akan mencapai 5,9% pada bulan November. Namun, di luar kota-kota pesisir besar, pendaftaran ritel EV belum berlaku, menurut analisis dari S&P Global Mobility.

Delapan pasar EV teratas di AS semuanya berada di negara bagian pesisir dan mewakili 50,5% dari total pendaftaran EV sejauh ini pada tahun 2022 (hingga Agustus). Wilayah metropolitan Los Angeles dan San Francisco yang lebih besar saja menyumbang hampir sepertiga dari total pangsa pasar EV AS. Sementara pangsa pasar penjualan EV negara bagian Heartland hampir setengah dari apa yang mereka kontribusikan untuk pendaftaran kendaraan secara keseluruhan.

“Kontrol pangsa pasar BEV di dua pantai dikaitkan dengan campuran pengadopsi awal mereka yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembeli di Amerika tengah,” kata Tom Libby, direktur asosiasi Solusi Loyalitas dan Analisis Industri di S&P Global Mobility. “Profil demografis mereka lebih sinkron dengan pembeli BEV tradisional daripada profil menengah Amerika.”

Tapi Libby melihat potensi penerimaan EV di pasar jantung teratas: “Penerimaan yang lebih banyak dan kesadaran konsumen yang jauh lebih luas menghasilkan perkembangan adopsi yang alami dari pantai ke Heartland.” (Untuk lebih lanjut tentang analisis EV di Heartland, silakan lihat laporan khusus ini.)

Mendukung kemajuan EV, pengungkapan produk seputar Los Angeles Auto Show minggu lalu terus mencerminkan fokus OEM.

Menurut Stephanie Brinley, direktur asosiasi AutoIntelligence di S&P Global Mobility, “Saat otomotif menunjukkan sorotan terbaik mereka tentang apa yang akan dikendarai orang di tahun-tahun mendatang, pengungkapan selama Pameran Mobil Los Angeles mencerminkan dorongan berkelanjutan menuju kendaraan listrik dan elektrifikasi.”

Sebagai catatan, Fiat mengumumkan akan membawa versi Eropa 500 EV ke AS mulai awal 2024, menghidupkan kembali papan nama 500e. Pengungkapan Toyota tentang Prius hybrid 2023 termasuk trim Prime yang akan menggandakan jangkauan EV-satunya hatchback, sementara pembuat mobil juga menunjukkan rendering konsep kendaraan listrik bZ (“Beyond Zero”), menampilkan SUV kompak yang akan datang. Sementara itu, peserta Vietnam VinFast menunjukkan versi trim AS dari dua tambahan crossover EV ke jajarannya – menjadikan potensi penawaran AS menjadi empat.



Artikel ini diterbitkan oleh S&P Global Mobility dan bukan oleh S&P Global Ratings, yang merupakan divisi S&P Global yang dikelola secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *