Hyundai Motor Naik ke # 3 di Pasar AS

Hyundai Motor Group baru-baru ini muncul sebagai salah satu pabrikan kendaraan baru dengan kinerja terbaik di AS. Data registrasi kendaraan baru dari S&P Global Mobility selama delapan bulan pertama tahun ini (lihat tabel di bawah) menunjukkan Hyundai Motor kini menempati peringkat OEM No.3 di AS, berdasarkan pangsa pasar korporasi ritel. Gabungan merek Hyundai, Kia, dan Genesis kini melampaui pembangkit tenaga listrik abadi Ford Motor Company, Stellantis Corp., dan American Honda Motor Co., Inc.

Performa Hyundai Motor didorong oleh (setidaknya) tiga kekuatan, termasuk kesegaran dan ketepatan waktu dari tiga portofolio produknya di AS, loyalitas merek yang kuat dari pemilik Kia dan Hyundai, dan loyalitas produsen yang tinggi di ketiga merek tersebut.

Portofolio Produk

Seperti yang diilustrasikan dalam tabel di bawah, setiap model dalam pasar bermerek Hyundai kecuali Aksen yang dihentikan produksinya telah diluncurkan atau didesain ulang sejak pertengahan 2019. Demikian pula, setiap model Kia kecuali Rio dan Forte telah diperkenalkan atau didesain ulang sejak awal 2019. Portofolio Genesis sama segarnya, dengan hanya G70 yang merana dalam bentuknya yang sekarang sejak akhir 2018. (Sebagai mobil, Accent, Rio, Forte , dan G70 bersaing di bagian pasar yang jauh lebih kecil – dan menurun – jika dibandingkan dengan persilangan.)

Namun, yang sama pentingnya dengan kesegaran penawaran produk Hyundai Motor adalah relevansi produknya. Baik merek Hyundai dan Kia menawarkan entri di setiap segmen inti CUV, dari utilitas menengah tiga baris hingga utilitas sub-kompak (Hyundai maupun Kia tidak berpartisipasi dalam segmen utilitas ukuran penuh, tetapi kategori ini hanya menyumbang 2,3% pasar ritel Agustus 2022 CYTD). Terakhir, crossover Palisade dan Telluride tiga baris, yang diperkenalkan pada model tahun 2020, untuk pertama kalinya menawarkan persaingan serius di salah satu segmen terbesar, dan kedua produk telah menerima penyegaran pada tahun 2022.

Genesis, diluncurkan pada Agustus 2016, masih tertinggal dari merek-merek mewah besar dalam portofolionya, dan awalnya terhambat oleh jajaran semua mobil, tetapi sekarang menawarkan tiga persilangan di jantung pasar mewah.

Terakhir, Hyundai Motor telah menunjukkan daya saingnya dengan cepat masuk ke pasar EV AS. Dengan peluncuran Hyundai Ioniq 5 Desember lalu dan kedatangan Kia EV6 dua bulan kemudian, korporasi sekarang menawarkan dua EV yang kompetitif, lebih dari beberapa pesaingnya yang lebih besar. Selain itu, Ioniq 5 dan EV6 sekarang masing-masing menempati peringkat #6 dan #7, di antara semua EV (berdasarkan pendaftaran ritel CYTD Agustus 2022); jika keempat Tesla dihilangkan, produk Hyundai Motor Group menempati peringkat kedua dan ketiga, hanya tertinggal dari Mustang Mach-E.

Loyalitas Merek

Pangsa ritel mengesankan Hyundai Motor sebagian berasal dari kemampuan Hyundai dan Kia untuk mempertahankan pemilik yang ada. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, kedua merek ini saat ini menempati peringkat No. 5 dan No. 6 di antara 19 merek utama dalam loyalitas merek. Hyundai Motor adalah satu-satunya pabrikan yang menempatkan dua merek di 10 besar pada metrik ini.

Kedua merek mempertahankan persentase yang tinggi dari pemiliknya meskipun tidak menawarkan pickup ukuran penuh, pickup ukuran sedang, atau, hingga saat ini, pickup kompak apa pun (ketiga segmen pickup ini menyumbang 17% dari industri ritel (CYTD Agustus 2022).

Loyalitas merek Genesis belum sebesar loyalitas rekan-rekannya, tetapi sebagian darinya disebabkan oleh kebaruan merek tersebut ke pasar. Dengan loyalitas merek selama tujuh bulan sebesar 35,3%, Genesis menempati peringkat No. 12 di antara lima belas merek mewah yang datanya cukup kami miliki. Sampai saat ini loyalitas Genesis dibatasi oleh kurangnya crossover, tetapi penambahan GV60, GV70, dan GV80 baru-baru ini akan meningkatkan kemungkinan pemilik Genesis untuk memperoleh yang lain.

Loyalitas Produsen

Data pendaftaran S&P Global Mobility menunjukkan bahwa ketiga merek Hyundai Motor memiliki satu metrik yang menguntungkan mereka: bahkan ketika pemilik meninggalkan salah satu merek ini, mereka memiliki kecenderungan kuat untuk tetap berada di dalam Grup. Seperti diilustrasikan di bawah ini, merek Hyundai dan Kia masing-masing menduduki peringkat #3 dan #5, di antara 19 merek arus utama berdasarkan kecenderungan mereka untuk tetap loyal kepada korporasi – hanya dilampaui oleh tiga merek GM. Dan, Genesis menempati peringkat No. 4 di ruang mewah pada metrik ini, hanya tertinggal dari Tesla, Cadillac, dan Lincoln.

Sementara ketiga merek Hyundai Group telah membuat kemajuan besar, patut dicatat bahwa Grup tersebut masih kekurangan pemimpin kategori yang “menonjol” yang menjadi nama rumah tangga, ala Camry, Accord, F Series. Namun demikian, Grup telah berkembang dari pemain lapis kedua atau ketiga sepuluh tahun yang lalu menjadi OEM teratas berdasarkan beberapa metrik utama, suatu prestasi yang pantas mendapatkan banyak pujian dalam industri dengan lebih dari 20 OEM, 40 merek, dan tiga ratus model.

————————————————– —————————————

Wawasan otomotif ini adalah bagian dari bulanan kami Laporan Industri 10 Tren Teratas.Temuan Laporan diambil dari data pendaftaran dan loyalitas baru dan bekas.

Laporan September sekarang tersedia, menggabungkan data CFI Juli 2022 dan LAT. Untuk mengunduh laporan, silakan klik di bawah ini.

UNDUH LAPORAN



Diposting 14 Oktober 2022 oleh Tom LibbyAssociate Director, Loyalty Solutions dan Analisis Industri, S&P Global Mobility


Artikel ini diterbitkan oleh S&P Global Mobility dan bukan oleh S&P Global Ratings, yang merupakan divisi S&P Global yang dikelola secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *