Pemuteran Bay Festival dan 5 Destinasi  Cantik Wisata Bali

Bali tentunya sudah bukan nama yang asing lagi di dunia pariwisata. Kehidupan religious masyarakatnya dan keindahan alamnya bahkan sudah dikenal di seluruh dunia. Banyak spot wisata menarik yang bisa kamu jumpai di Bali, dan salah satu tempat favorit wisatawan ketika mengunjungi Bali adalah Pemuteran dimana tempat Pemuteran Bay Festival diadakan.

Apa saja yang seru di Pemuteran Bali dan bagaimana Pemuteran Bay Festival diadakan? yuk cari tahu informasinya di bawah ini.

Keseruan di Pemuteran Bay Festival

Pemuteran Bay Fest sudah dilaksanakan sejak tahun 2015, dan akan digelar kembali di tahun 2022 ini pada tanggal 11 November, sebagai ajang untuk Perayaan Promosi dan Evaluasi atas penghargaan 3 terbaik kategori Best of Nature Green Destination Award.

Jika menghadiri festival ini, kamu akan mendapat suguhan atraksi dan objek wisata di Pemuteran Village yang sangat variatif dan menarik bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Pada tahun 2022, pemuteran Bay Festival diadakan secara offline dan menampilkan perkembangan terkini Pemuteran Village. Adapun ragam program kegiatan dalam event ini diantaranya yaitu Biorock Reef Talks Virtual, Reef Gardening Act Together, Pemuteran Beauty Virtual Exhibition, Gebug Ende, Food Fest, Live Streaming Cultural Performance, Healing Yoga Fest dan Beach Art Movement.

Spot-Spot Menarik di Pemuteran Bali

Di Desa Pemuteran, sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan nuansa alam yang masih sangat alami dan udara yang bebas dari polusi. Meskipun demikian, wisatawan yang mengunjunginya masih relatif sepi tak menyerupai di Pantai Kuta atau wisata populer di Bali.

Suasana khas desa inilah yang sanggup digunakan untuk merefresh diri dari kesibukan sehari-hari apalagi dengan hiruk-pikuk keramaian kota yang serba semrawut dan ribetnya kemacetan jalanan. Ketenangan semakin terasa, kalau pembaca bersantai di Pantai Pemuteran dengan lanskapnya dikelilingi oleh bukit-bukit yang dibangun dengan kokoh nan indah mempesona.

Karena terkenal dengan ketenangannya, Desa Pemuteran memiliki tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi dan kita eksplor. Ada apa aja sih, guys? Yuk simak ulasannya berikut :

1. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pulau Bali, sesuai dengan namanya pulau ini dihuni oleh menjangan (jenis rusa liar). Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Bali Barat. Daya tarik utama pulau ini terdapat pada keindahan pemandangan alam bawah laut dan juga pulau ini tidak berpenghuni. Karena keindahan pemandangan bawah laut, maka pulau ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk tempat diving di pulau Bali.

Pada saat wisatawan pertama kali tiba di pulau ini, sesuatu yang nampak adalah  kawasan pantai pasir putih. Selain itu, air laut berwarna biru dengan gradasi warna hijau. Hal yang membuat adanya gradasi warna pada air laut karena dasar laut terdapat banyak plankton yang tumbuh subur. Selain plankton, di dasar laut terdapat terumbu karang masih alami dihuni oleh ikan warna-warni.

2. Pantai Pemuteran

Layaknya pantai lain yang ada di Bali, Pantai yang satu ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Dengan pantai hitam berpasir vulkanik yang bercahaya dan pemandangan mempesona bukit-bukit hijau sebagai latar, Pemuteran adalah ilustrasi yang sempurna dari filosofi Bali pada energi “Nyegara Gunung” (fungsi energi antara pegunungan dan laut).

Sementara kedamaian dan ketenangan dapat ditemukan di tepi Pantai Pemuteran dan keajaiban menanti di bawah permukaan laut. Daerah Pemuteran memiliki daerah yang luas seperti terumbu dangkal dan hanya dengan perjalanan pendek dengan perahu, Anda mungkin menemukan kuda laut, kepiting yang unik, ikan kodok dan makhluk laut lainnya yang sudah menghiasi dasar laut.

Fitur yang paling menarik dari kemegahan bawah laut Pemuteran adalah keberadaan candi bawah laut yang mempesona dengan luar biasa menggabungkan keindahan alam dan karya seni yang menakjubkan serta dugaan penemuan reruntuhan candi kuno di dasar laut Pemuteran.

3. Proyek Penangkaran Penyu

Mengunjungi proyek penangkaran penyu perlu menjadi salah satu agenda Anda saat berada di Pemuteran. Penangkaran penyu ini dijalankan oleh dive operator yang bekerjasama dengan masyarakat lokal. Pemandangan menyaksikan tukik-tukik penyu yang berjuang mencapai air laut yang memeriahkan bibir pantai Pemuteran yang indah adalah kegiatan yang menyenangkan lainnya dapat dilakukan di kawasan ini.

4. Biorock

Biorock yang juga dikenal sebagai Secrete (Sea Concrete) atau Seament (Sea Cement) adalah sebuah nama dagang yang dimiliki oleh Biorock Inc., merujuk pada zat-zat yang terbentuk melalui proses elektro akumulasi dari mineral yang terlarut di dalam air laut.

Biorock di Pemuteran diinisiasi dan dikelola oleh Yayasan Karang Lestari. Diawali oleh keprihatinan akan rusaknya ekosistem laut di sekitar desa Pemuteran. Dimana sebenarnya daerah tersebut mempunyai ekosistem terumbu karang air dangkal terluas di Bali.

Hampir lima belas tahun setelah penanaman struktur Biorock pertama di Pemuteran, kini terhitung ada sekitar 60 struktur yang telah ditanam dan berkembang dengan total panjang mencapai 300 meter pada area seluas 2 hektar. Menjadikannya sebagai proyek Biorock terbesar di dunia hingga saat ini.

Karena karakteristik ekosistem terumbu karang air dangkal di Pemuteran, maka menjadikan situs satu ini sebagai spot yang bisa dinikmati, baik oleh para penyelam maupun snorkeler. Beberapa jenis ikan dan hewan laut pun bisa ditemukan dengan mudah di sini.

5. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional di Bali Barat merupakan satu-satunya taman nasional yang ada di Provinsi Bali. Taman ini merupakan tempat berkumpulnya flora dan fauna yang ada di Bali. Kelestarian flora dan fauna sangat dijaga dan dirawat dengan baik di sini.

Selain terhibur dengan kehadiran satwa-satwa yang terlindungi dan flora yang terawat baik, Anda juga bisa menikmati berbagai tempat destinasi wisata yang membuat Anda semakin dekat dengan alam Bali yang menakjubkan ini.

Pemuteran Bali Festival mungkin akan menjadi agenda yang pasti akan kamu tunggu-tunggu mengingat tempat pelaksanaannya di pulau Dewata yang sudah sangat terkenal. Tapi kamu harus tahu, Indonesia masih memiliki daftar festival menarik lainnya. Kamu bisa memasukkan salah satunya ke dalam bucket list rencana perjalananmu selanjutnya.

Ingin tahu jadwal rencana festival di Indonesia lainnya? Kunjungi website Karisma Event Nusantara dan jangan lupa untuk memilih salah satunya sebelum tahun 2022 berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *