Loyalitas Tesla dan pangsa pasar melonjak, tetapi dominasi segmen EV bisa berkurang

Tesla Motors tidak hanya berkembang pesat dalam enam bulan pertama tahun 2022; itu telah mencapai tingkat keberhasilan baru berdasarkan dua metrik – rekor tingkat loyalitas merek yang tinggi dan loyalitas merek yang signifikan di antara pemilik Model 3. Loyalitas merek Tesla (kecenderungan rumah tangga Tesla yang kembali ke pasar untuk mengakuisisi Tesla lain) telah naik menjadi 67,5% pada paruh pertama tahun 2022, lebih dari 12 poin persentase lebih tinggi daripada loyalitas mereknya pada tahun sebelumnya (hasil tertinggi berikutnya adalah 55,2% pada tahun 2020). Mendorong hasil ini adalah Model 3, dengan tingkat loyalitas merek paruh pertama tahun 2022 sebesar 70,7% – lebih tinggi daripada model lainnya di pasar AS. Dalam dua dari enam bulan pertama tahun 2022, loyalitas merek Tesla melebihi 70% (Maret – 73,1% dan Juni – 72,8%). Bagaimana ini dibandingkan dengan saingan mewahnya? Loyalitas Tesla bulan Juni sebesar 67,5% hampir 17 poin persentase di depan runner-up mewah Mercedes-Benz di 50,7%.

Hasil pangsa pasar Tesla pada paruh pertama tahun 2022 sama-sama kuat. Dengan pangsa 20,5% dari pasar mewah, pangsa Tesla lebih dari 6 poin persentase di atas runner-up BMW. Volume pendaftaran baru Tesla Juni 2022 yang hanya lebih dari 50.000 unit mewakili pertama kalinya dalam (setidaknya) 10 tahun terakhir bahwa sebuah merek mewah telah mendaftarkan lebih dari 50.000 kendaraan baru dalam satu bulan. Faktanya, ambang batas 40.000 per bulan hanya dilampaui empat kali dalam 10 tahun – tiga kali oleh Tesla dan sekali oleh BMW.

Loyalitas tinggi dan hasil berbagi Tesla menunjukkan situasi yang menantang bagi industri lainnya. Tidak hanya jumlah rumah tangga yang membeli Tesla yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi sebagian besar pemilik ini cukup senang dengan kendaraan mereka untuk membeli yang lain.

Namun, lanskap mewah AS berubah, dan tiga pendatang baru telah menunjukkan, pada hari-hari awal, kemampuan mereka untuk menaklukkan pemilik Tesla. Seperti yang ditunjukkan oleh tiga grafik di bawah ini, merek nomor satu yang ditaklukkan oleh masing-masing Lucid, Polestar, dan Rivian dalam enam bulan pertama tahun 2022 adalah Tesla. Selain itu, sepertiga dari penaklukan Lucid, dan seperempat dari Rivian, berasal dari keluarga pemilik Tesla, menurut Metodologi Loyalitas Rumah Tangga Mobilitas Global S&P (kendaraan yang baru diperoleh mungkin merupakan tambahan untuk armada rumah tangga.) Salah satu indikator kunci untuk penaklukan Lucid dan Rivian: Mereka bersaing dengan kendaraan logam lembaran lama di jajaran Tesla – Model X dan S – pada tingkat harga premium di mana konsumen yang memiliki barang trendi terbaru dianggap penting. Sebaliknya, Polestar bersaing dengan Model 3 dan Y yang lebih baru. Jika tren ini berlanjut, ketiga merek mewah EV ini dan pendatang baru lainnya dapat menawarkan alternatif yang layak untuk Tesla.

————————————————– ——————

Wawasan otomotif ini adalah bagian dari bulanan kami Laporan Industri 10 Tren Teratas.Temuan Laporan diambil dari data registrasi dan loyalitas baru dan bekas.

Laporan Agustus sekarang tersedia. Untuk mengunduh laporan, silakan klik di bawah ini.

UNDUH LAPORAN



Diposting 09 September 2022 oleh Tom LibbyAssociate Director, Solusi Loyalitas dan Analisis Industri, S&P Global Mobility


Artikel ini diterbitkan oleh S&P Global Mobility dan bukan oleh S&P Global Ratings, yang merupakan divisi S&P Global yang dikelola secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *