4 Jenis Investasi untuk Pemula yang Terbukti Aman Selama Krisis Pandemi

Apakah Kamu sudah berinvestasi? Coba dulu deh! Investasi jika dilakukan dengan benar bisa membuatmu kaya. Apalagi sekarang sudah ada investasi online yang membuat investasi untuk pemula bisa lebih mudah.

Sekarang sudah banyak platform online yang memberi layanan berbagai jenis investasi untuk pemula.  Kamu jangan asal memilih platform ya! Saat ini ada banyak investasi online penipuan. Lebih baik kamu memilih platform investasi online resmi OJK yang terbukti aman.

Jika kamu tertarik, berikut adalah beberapa daftar investasi untuk pemula terbaik yang direkomendasikan.

1. Reksadana

Kamu yang masih pemula, banyak direkomendasikan untuk mengambil investasi online Reksadana. Reksadana adalah suatu wadah tempat menghimpun dana dari investor yang akan dikelola manajer investasi untuk disalurkan atau diinvestasikan ke suatu Portofolio Efek.

Reksadana sendiri terbagi dalam beberapa jenis yaitu Reksadana Pasar Uang, Reksadana Obligasi, Reksadana Saham, dan Reksadana Campuran. Sebagai pemula, kamu bisa memilih Reksadana Pasar Uang.

2. Emas

Kamu pasti menganggap emas adalah instrumen investasi kuno. Membeli di toko emas kemudian menyimpannya sendiri di rumah. Setelah berjalan beberapa tahun, ketika nilai emas naik, bisa dijual dan dapat untung. Jika kamu masih berpikiran seperti itu, kamu benar-benar sudah ketinggalan jaman.

Sekarang investasi emas dan logam mulia bisa dilakukan melalui platform online lho. Ini adalah salah satu jenis investasi untuk pemula yang aman dan minim resiko.

Kamu bisa melakukan transaksi jual beli melalui platform tersebut dan tidak perlu menyimpan sendiri emasnya. Lebih efektif kan, selain itu juga tidak akan ada resiko kehilangan.

3. P2P Lending

Di tahun ini, fintech 2021 P2P naik daun sejak beberapa tahun kebelakang. Kepopuleran P2P Lending beriringan dengan tren pinjaman online.

Sistem P2P Lending cukup sederhana. P2P Lending menjadi perantara bagi investor dan pihak yang membutuhkan dana, biasanya untuk permodalan suatu usaha UMKM.

Pada platform P2P Lending akan tersedia sejumlah pengajuan pinjaman. Data pada setiap borrower yang mengajukan pinjaman akan disajikan lengkap sebagai bahan pertimbanganmu.

Nah, kamu bisa memilih mana yang ingin kamu berikan pendanaan. Nantinya keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari bunga pinjaman. Besaran bunga tergantung suku bunga pinjaman tempat yang kamu danai.

Salah satu platform investasi P2P lending terbaik saat ini adalah Amartha. Amartha adalah salah satu perusahaan fintech atau teknologi finansial P2P di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan situs web yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro dan kecil di pedesaan. Lewat perusahaan ini, pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal kerja untuk tumbuh akan terhubung dengan pendana yang mencari alternatif pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional.

PT Amarta Mikro Fintek (Amartha) telah resmi mengantongi izin usaha sebagai Perusahaan Penyelenggaraan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin bernomor KEP-46/D.05/2019 berlaku secara permanen, tanpa batas waktu berakhir.

4. Obligasi Negara Ritel

Investasi Obligasi masih cukup asing bagi pemula. Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh suatu institusi yang bisa dibeli oleh khalayak umum. Saat kamu membeli Obligasi, secara tidak langsung kamu sudah memberi pinjaman pada institusi yang mengeluarkan surat Obligasi.

Sebagai investor, kamu berhak mendapatkan pegembalian pokok pinjaman dan juga bunganya. Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah produk investasi Obligasi yang paling recomended terutama untuk investasi untuk pemula.

Secara konvensional, membeli produk investasi ORI bisa kamu lakukan di bank yang menjadi agen penjual ORI. Sekarang ini pembelian ORI bisa dilakukan melalui berbagai platform P2P Lending dan juga aplikasi investasi terbaik khusus yang dikeluarkan oleh pihak bank.

Pentingnya Pengetahuan Tentang Investasi

Mengacu pada ulasan di atas, investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah yang menjanjikan return besar menuntut investor untuk memiliki pengetahuan yang lebih mendasar.  Pengetahuan investasi yang hanya sebatas di kulit saja, tidak akan berhasil untuk masuk ke sektor investasi beresiko tinggi yang menjanjikan keuntungan besar.

Apakah kamu cukup berambisi dalam dunia investasi? Bagaimana jika kamu mengambil kursus saja.  Dengan kursus, kamu bisa belajar tentang cara investor untuk pemula lebih mendalam dan terstruktur. Kamu bakal bisa belajar mulai dari basic hingga pengetahuan tingkat lanjut.

Adanya investasi online semakin meningkatkan awareness masyarakat akan pentingnya investasi. Hal tersebut juga memfasilitasi orang-orang untuk lebih mudah berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *