Pasar Transmisi Truk Amerika Utara

Digitalisasi mempercepat penetrasi AMT & AT

Pasar transmisi truk di Amerika Utara sedang bersiap (tidak ada permainan kata-kata) untuk perubahan besar menuju AMT & AT. Selama dekade terakhir, kemajuan dalam teknologi perangkat lunak telah menyebabkan peningkatan adopsi Transmisi Manual Otomatis (AMT) dan Transmisi Otomatis (AT). Di tahun-tahun mendatang, sementara transmisi manual (MT) mungkin turun lebih jauh sebagai bagian dari total, pasar akan melihat terobosan dari teknologi baru, transmisi pengurangan, yang akan mendukung peningkatan jumlah truk baterai-listrik.

Kurang lebih satu dekade yang lalu Eaton dan Volvo masing-masing meluncurkan teknologi UltraShift AMT dan I-Shift, di wilayah tersebut. Sejak itu, ada beberapa pengadopsi teknologi ini serta peningkatan yang signifikan dalam penawaran. Mack mulai menawarkan mDrive AMT dan Freighliner dan Western Star memulai Detroit DT 12 AMT pada tahun 2012. AMT modern lebih ringan, lebih hemat bahan bakar, andal, dan memiliki interval perawatan yang lebih lama dari sebelumnya. Sistem manajemen perpindahan gigi tingkat lanjut menggunakan parameter seperti kecepatan kendaraan, massa kendaraan, torsi mesin, dll. untuk membuat keputusan perpindahan gigi yang tepat. Banyak teknologi canggih yang tidak dapat diwujudkan tanpa kontrol AMT, dan salah satunya menggunakan GPS untuk memprediksi kondisi jalan dan mengontrol mode berkendara yang optimal untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Kontrol optimal otomatis dari kecepatan kendaraan, kecepatan engine, dan rem bantu menjamin pengoperasian yang nyaman dan aman terlepas dari keahlian pengemudi.

OEM melaporkan tingkat pengambilan AMT yang lebih tinggi dalam model linehaul baru mereka daripada sebelumnya. Sebagai salah satu referensi, pada tahun 2021 sekitar 92% truk Volvo baru dilengkapi dengan I-Shift AMT dibandingkan dengan 75% pada tahun 2014. Salah satu dari dua alasan peningkatan AMT adalah kurangnya pengemudi yang terampil karena generasi pengemudi baru. lebih condong ke AMT karena mereka tidak pernah menggunakan transmisi stick. Keuntungan AMT adalah membawa pengemudi baru ke tingkat pengemudi berpengalaman karena sistem yang melakukan pergeseran untuk mereka. Alasan kedua adalah integrasi vertikal, dalam beberapa tahun terakhir, OEM berfokus pada kopling mesin dengan transmisi otomatis internal. Yang terbaru adalah transmisi otomatis TX-18 Paccar, transmisi kedua yang dikembangkan bersama dengan Eaton dan tersedia di truk Peterbilt dan Kenworth.

Teknologi AT menjadi lebih cerdas seiring berjalannya waktu. AT menjadi lebih tepat dalam pergeseran daripada manusia dengan kemajuan dalam pengembangan perangkat lunak. Dalam beberapa tahun terakhir, kami melihat peningkatan AT di truk vokasi yang sebelumnya didominasi oleh MT. Salah satu keunggulan AT adalah memiliki start dan stop yang mulus, yang cocok untuk truk vokasi. Dan tidak seperti AMT di mana seseorang harus mengganti kopling yang mahal sesekali, sehingga mengurangi biaya perawatan AT yang menggunakan konverter torsi selama peluncuran. Rasio AT tumbuh di segmen truk distribusi perkotaan yang paling banyak digunakan oleh e-commerce, perusahaan logistik dan memiliki siklus start/stop yang tinggi di perkotaan.

Pada tahun 2017, AT mencakup sekitar 91% pasar di segmen medium duty. Pangsa pasar diperkirakan akan turun menjadi sekitar 84% pada tahun 2027, alasan utamanya adalah peningkatan kendaraan listrik baterai dan sel bahan bakar di segmen tersebut, yang tidak memerlukan AT. Di segmen heavy-duty, pergeseran ke AMT dan AT sedang berlangsung. Sekitar 61% pangsa pasar akan menjadi AMT dan 22% akan menjadi AT pada tahun 2027 sedangkan pangsa pasar MT diperkirakan akan turun menjadi sekitar 13%.

Dalam satu dekade terakhir, pasar transmisi truk di Amerika Utara didominasi oleh Eaton, yang menguasai lebih dari 50% pangsa pasar pada tahun 2011, yang mayoritas berasal dari MTs. Dalam beberapa tahun terakhir, pasar transmisi truk heavy-duty telah bergeser ke arah AMT dan AT di Amerika Utara, dan ini telah menjadi salah satu alasan penurunan pangsa pasar Eaton menjadi sekitar 38% pada tahun 2017. beberapa saat untuk mengejar ketinggalan tetapi sekarang AMT berada di garis depan pasar truk traktor yang menggantikan MT sebagai opsi standar. Meskipun AMT telah melihat pertumbuhan yang signifikan, AT juga memperoleh sedikit keuntungan sebagian besar di truk kelas kejuruan tugas berat. Transmisi Allison adalah salah satu produsen utama AT di Amerika Utara yang memiliki mayoritas pangsa pasar di segmen tugas menengah. Pada tahun 2017, Allison memiliki pangsa pasar 13% di segmen tugas berat yang diperkirakan akan meningkat menjadi sekitar 19% pada tahun 2027. Truk listrik dan sel bahan bakar baterai tugas berat diperkirakan akan meningkat mulai tahun 2025 dan seterusnya, memimpin pangsa pasar transmisi Reduksi meningkat menjadi sekitar 4% pada tahun 2027. Pada tahun 2017, Ford memiliki pangsa sebesar 43% diikuti oleh Allison dengan 32% di segmen tugas menengah. Pangsa Ford diperkirakan akan turun menjadi sekitar 38% pada tahun 2027 karena peningkatan kendaraan listrik baterai di segmen tersebut. Jumlah TM yang cocok untuk kendaraan listrik baterai akan meningkat di masa depan, dan tren teknologi terus menarik perhatian karena mereka meningkatkan kinerja kendaraan listrik baterai.

Di tahun-tahun mendatang MT akan mengalami penurunan pangsa pasar yang signifikan, tetapi mereka akan tetap berada di pasar setidaknya satu dekade dari sekarang. Meskipun pangsa MT menyempit, Manual mungkin diperlukan dalam aplikasi kejuruan tertentu di mana armada memiliki truk yang tidak digunakan secara reguler atau hanya jika armada benar-benar membutuhkannya. Ini lebih seperti scrollbar, menawarkan kontrol yang baik atas gerakan; kita tidak bisa mengucapkan selamat tinggal pada MTs hanya dengan menekan sebuah tombol.



Artikel ini diterbitkan oleh S&P Global Mobility dan bukan oleh S&P Global Ratings, yang merupakan divisi S&P Global yang dikelola secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *