Tesla Model S vs. Porsche Taycan: Juri Masih Keluar

Sementara semua sedan mewah ukuran penuh seharusnya bersaing satu sama lain, Tesla Model S dan Porsche Taycan berhadapan satu sama lain ke tingkat yang lebih besar, mengingat mereka adalah satu-satunya dua kendaraan listrik di segmen ini dengan data historis (Mercedes-Benz EQS dan Lucid Air baru saja diluncurkan musim gugur yang lalu dan karena itu memiliki sedikit data untuk menganalisis kinerja mereka).

Tinjauan pola migrasi dari dua kendaraan listrik mewah ukuran penuh ini, serta tingkat inventaris dan volume pendaftarannya, menunjukkan ada interaksi pasar yang substansial di antara mereka.

Seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah, ada tiga periode waktu dalam dua puluh dua bulan terakhir ketika pendaftaran Taycan melonjak dari bulan ke bulan dan, secara bersamaan, migrasi Model S ke Taycan juga meningkat. Pada April 2020, pendaftaran Taycan melonjak 268% menjadi 153, dan pada saat yang sama persentase rumah tangga Model S yang bermigrasi ke Taycan naik dari 0,2% menjadi 3,3%, meningkat lebih dari 1.000%.

Jenis dinamis yang sama terjadi empat bulan kemudian pada Agustus 2020, ketika pendaftaran Taycan naik 38% dari bulan ke bulan menjadi 615, dan migrasi Model S ke Taycan secara bersamaan meningkat lebih dari dua kali lipat (sebagai persentase dari total migrasi Model S) menjadi 11% .

Yang ketiga dan terakhir dari peristiwa ini, yang terjadi pada Agustus 2021, adalah yang paling menonjol dari ketiganya. Pendaftaran Taycan naik 44% menjadi 1.072, dan migrasi Model S ke Taycan, sebagai persentase dari total migrasi Model S, meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 17,3%. Metrik ini sebenarnya naik pada bulan September menjadi 21,4%, penghitungan bulanan tertinggi dari migrasi Model S ke Taycan dalam periode 22 bulan ini.

Selama acara ketiga ini, perhatikan bahwa peningkatan migrasi dari Model S ke Taycan berdampak besar pada loyalitas merek/jenis bahan bakar Model S. Dengan kata lain, selama rangkaian acara ini Agustus dan September lalu, persentase rumah tangga Model S memperoleh EV lain yang kembali ke Tesla turun ke posisi terendah 22 bulan masing-masing 75% dan 67,5%.

Terakhir, penting untuk diingat bahwa perpindahan tinggi dari Model S ke Taycan ini terjadi pada saat pendaftaran Model S jauh di bawah norma bulanan, yang menunjukkan persediaan terbatas. Dengan pemikiran ini, tampaknya terlalu dini untuk menentukan model mana yang memiliki daya tarik lebih besar bagi konsumen ritel. Hanya ketika persediaan kedua model telah naik kembali ke tingkat “normal” kita dapat melihat bagaimana dinamika pasar terjadi di antara keduanya.



Diposting 09 Februari 2022 oleh Tom LibbyAssociate Director Solusi Loyalitas dan Analisis Industri, Otomotif, S&P Global Mobility

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *