Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Seiring dengan perkembangan tekhnologi, kompor pun mengalami banyak perkembangan dari jenisnya. Dari mulai kompor minyak tanah, kompor gas, kompor tanam, kompor listrik dan kompor induksi. Kompor listrik dan kompor induksi banyak dikenal masyarakat dengan jenis kompor yang sama, karena keduanya menggunakan energy listrik untuk menggunakannya. Namun, sebenarnya kompor listrik dan kompor induksi adalah jenis kompor yang berbeda.

Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

Kedua jenis kompor ini merupakan kompor yang paling modern dan canggih dengan memiliki fitur-fitur yang menarik, berikut perbedaan dari keduanya :

Kompor induksi tidak menghasilkan panas tetapi menginduksi peralatan masak yang digunakan. Sedangkan kompor listrik tidak menginduksi peralatan masak melainkan mengalirkan panas pada peralatan masak tersebut.

  • Tampilan

Kompor induksi memiliki tampilan yang datar dengan material kaca mebuat kompor ini mudah dibersihkan. Dilengkapi dengan tombol-tombol touchscreen yang didesain menyatu dnegan kompor. Sedangkan kompor listrik memiliki bentuk pemanas kompor yang berbentuk kawat, sehingga lebih sulit untuk dibersihkan.

  • Harga

Kompor induksi memiliki harga yang relative mahal, namun hemat energy, sehingga kompor ini layak untuk dipertimbangkan. Sedangkan kompor listrik memiliki harga yang lebih murah daripada kompor induksi, namun memiliki prinsip kerja energy listrik yang mengalir ke dalam nikrom kawat dikonversi menjadi energy panas, maka konsumsi litrik kompor jauh lebih besar daripada kompor induksi. Hal ini akan menyebabkan tagihan listrik Anda membengkak.

  • Tingkat Keamanan

Kompor induksi memiliki tingkat keamanan yang tinggi, karena memiliki fitur-fitur otomatis yang dapat mengatur waktu memasak dan waktu matinya kompor sehingga tetap aman meskipun ditinggalkan. Sedangkan untuk kompor listrik tidak aman disentuh selesai digunakan untuk memasak.

Selain itu kompor induksi tidak memerlukan api untuk menghantarkan panas, namun kompor ini hanya memanaskan partikel besi dengan item yang terdapat di dalamnya sehingga resiko kebakaran pun kecil.

  • Suhu Maksimum

Suhu yang dihasilkan oleh kompor induksi memang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kompor listrik, namun kompor induksi lebih cepat mengalihkan suhu dari panas ke dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *